,

TAX INVOICE (FAKTUR PAJAK)

Tax Invoices atau Faktur Pajak adalah bukti pungutan pajak yang dibuat oleh Pengusaha Kena Pajak yang melakukan penyerahan Barang Kena Pajak atau penyerahan Jasa Kena Pajak. sejak berlakunya UU PPN No. 42 tahun 2009, Faktur Pajak dikelompokkan terdiri dari:

1. Faktur Pajak Masukan (PM).

2. Faktur Pajak Gabungan (PK).

3. Faktur Pajak Gabungan.

 

Bagi entitas yang sudah menjadi Pengusaha Kena Pajak (PKP), tax invoices/faktur pajak secara umum wajib diterbitkan saat mana lebih dahulu dilakukan penyerahan Barang Kena Pajak (BKP) / Jasa Kena Pajak (JKP)  atau uang diterima dari pihak customer.

  1. Pajak Masukan adalah Pajak Pertambahan Nilai yang seharusnya sudah dibayar oleh Pengusaha Kena Pajak karena perolehan Barang Kena Pajak dan/atau perolehan Jasa Kena Pajak dan/atau pemanfaatan Barang Kena Pajak Tidak Berwujud dari luar Daerah Pabean dan/atau pemanfaatan Jasa Kena Pajak dari luar Daerah Pabean dan/atau impor Barang Kena Pajak.
  2. Pajak Keluaran adalah Pajak Pertambahan Nilai terutang yang wajib dipungut oleh Pengusaha Kena Pajak yang melakukan penyerahan Barang Kena Pajak, penyerahan Jasa Kena Pajak, ekspor Barang Kena Pajak Berwujud, ekspor Barang Kena Pajak Tidak Berwujud, dan/atau ekspor Jasa Kena Pajak.